Judul Buku       : Moga Bunda disayang Allah

Pengarang        : Tere-Liye

Penerbit            : Republika

Tebal                : 249 Hal

Cover               : Soft Cover

 

Isinya

Novel ini bercerita tentang seorang Pemuda bernama Karang berusaha menyembuhkan Melati, seorang anak berusia 6 tahun yang bisu, buta, dan tuli. Menyembuhkan hidupnya, bukan bisu,tuli, dan tuli. Karang sendiri juga sedang berusaha untuk mengerti akan semua yang terjadi, yang dia sangat yakin semua kehendak Allah itu 100% adil. Ceritane prosenya ga mudah karena semua punya halangan-halangan, sampai tercapai suatu keputusasaan(walo ga semua berakhir sepertin ini). Tapi Karang berusaha untuk tidak putus asa.

 

Halangan pertama karena Karang sendiri sedang depresi, merasa bersalah atas kecelakaan perahu 3 tahun lalu yang dia tumpangi bersama 30 orang anak kecil, 18 orang tewas, salah satunya adalah Qintan, kana-kanak yang dia sayangi. Sisanya selamat. Walo bebas dari penjara(berkat demostrasi anak-anak) tapi ia tetap merasa bersalah dan tidak berhak untuk hidup. Kehidupannya sendiri (3 thn terakhir) diisi dengan mabuk2an, menyendiri, keluar malam, tidur, marah-marah…hehehhe kagak ada yg bagus..Rambut Gondrong(ini masih bisa dibilang bagus kok asal rapi sayang rambut Karang berantakan), Kumis, jenggot, pokoke ga terurus, berwajah galak, seram..tapi masih ada sisa tampannya *jadi pengennnnn*

 

Halangan kedua Melati, anak orang kaya, terkaya malah di kota itu(ga jelas itu
kota dimana) benar-benar tidak bisa berinteraksi dengan dunia, hanya gelap dan gelap, dan dia tidak tau apa itu gelap dan kosong (ini pun hasil dari kecelakaan 2 thn lalu). Orang tuanya yang baik dan sabar berusaha menyembuhkannya sudah mencoba beribu cara ..namun tetap gagal. Dan akhirnya kesempatan itu datang ke Karang(tanpa ia tahu dan mau), karena cerita tentang Karang yang dapat membuat seorang anak lumpuh layu menjadi bisa berjalan dan berlari hanya melalui dongeng dan kehadirannya.

 

Halangan lain karena Suami Bunda(begitu nama Ibu Melati dipanggil), Ayah Melati (namane Pak HK) paling anti dengan yang namane Pemabuk …dan Karang mabuk dirumahnya, di kamar Karang dirumah Pak HK. Mewajibkan Karang untuk pergi dari Rumahnya saat dia tak ada di rumah karena harus keluar negeri selama 21 hari.

 

Karena di saat terakhir ada hal kecil yg ajaib terjadi di diri melati, bunda masih mempertahankan Karang untuk bisa menyembuhkan Melati, tentu tanpa Pak HK tahu.

 

Prose pembelajaran berjalan sulit, dan menegangkan. Tapi disaat terakhir ya..happy ending kok…

 

Bagusnya

 

Banyak nasehat-nasehat yang ada. Belajar untuk menghargai walo itu sebenere dicap tak berharga. Dan yang paling aku suka “semua kehendak Allah itu 100% adil”. Deskripsi sekitar bagus, jadi bisa kebayang kita ada disana *sayang gw ga bisa ngebayangin wajah Karang kayak apa, ..Brad Pitt gondrong??*. Novel setebal 249 halaman ini aq baca selama dua hari (berangkat kerja pas dikerta, pulang kerja di kereta, berangkat kerja pas di kereta, di bus, pulang kerja dan pas dikereta selesai…bela2in ga tidur…luapa ma ngantuk deh baca ini) makasih buat Nabil yang dah ngasih buku ini. Belajar banyak tentang membuat cerita, menyusun kata-kata. Asli..kata-kata penulis ini jujur baget. Kalo simple ya simple walo sebenere akan menjadi complicated. Sekali lagi buku ini membuat kita sayang dengan keluarga, membuat kita bersyukur atas semuanya (termasuk kelemahan kita) karena “semua kehendak Allah itu 100% adil”

 

Kurangnya

Suka kaget aza, karena lagi cerita Karang, tiba-tiba ada di dunianya Bunda…heheh..suka loncat ceritane….tapi hanya sepersekian menit kok kagetnya (itu termasuk lama ya).
Ada beberapa kalimat hasil kopi paste dari halamansebelumnya…tapi emang masih nyambung she karena itu kenangan tokoh novel itu(ini masuk bagusnya ya). Masih dibingungin saat Melati bisa mengenal dunia ini.

 

Kesimpulan

 

Buku ini aku rekomendasiin untuk dibaca semua orang, ada lucunya juga, ada deg-degannya. Banyak petuah dari cerita ini. Juga contoh dongeng untuk anak-anak. Banyak pelajaran menulis dan mendongeng juga. Yang pasti buku ini Seru Abisss!!!.

 

nb: thanx to nabila yang udah nyumbang buku ini untuk lomba photoblog Loenpia

About these ads